Cut Nyak Dien

Lahir : Lampadang, Aceh 1850

Wafat : Sumedang, 6 November 1908

Makam : Gunung Puyuh, Sumedang, Jawa Barat

CUT NYAK DIEN menikah pada usia 12 tahun dengan Teuku Cik Ibrahim Lamnga. Namun pada suatu pertempuran di Gletarum, Juni 1878, sang suami Teuku Ibrahim gugur. Kemudian Cut Nyak Dien bersumpah hanya akan menerima pinangan laki-laki yang bersedia membantu untuk menuntut balas kematian Teuku Ibrahim.

Cut Nyak Dien akhirnya menikah kembali dengan Teuku Umar tahun 1880, kemenakan ayahnya seorang pejuang Aceh yang cukup disegani Belanda. Sejak itu, Cut Nyak Dien selalu berjuang bersama suaminya (September 1893-Maret 1896). Dalam perjuangannya, Teuku Umar berpura-pura bekerjasama dengan Belanda sebagai taktik untuk memperoleh senjata dan perlengkapan perang lainnya. Sementara itu, Cut Nyak Dien tetap berjuang melawan Belanda di daerah kampung halaman Teuku Umar. Teuku Umar akhirnya kembali lagi bergabung dengan para pejuang setelah taktiknya diketahui Belanda.

Tanggal 11 Februari 1899, Teuku Umar gugur dalam pertempuran di Meulaboh, namun Cut Nyak Dien tetap meneruskan perlawanannya dengan bergerilya. Ia tidak pernah mau berdamai dengan Belanda yang disebutnya “Kafir-kafir”. Perjuangannya yang berat dengan cara gerilya keluar masuk hutan menyebabkan kondisi pasukan dan dirinya amat menghawatirkan. Cut Nyak Dien akhirnya menderita sakit encok dan matanya menjadi rabun. Merasa kasihan dengan kondisinya demikian, para pengawal Cut Nyak Dien akhirnya membuat kesepakatan dengan pihak Belanda, bahwa “Cut Nyak Dien boleh ditangkap asal diperlakukan sebagai orang terhormat dan bukan sebagai penjahat perang.” Sebagai tawanan, Cut Nyak Dien masih sering kedatanganan tamu-tamu sehingga Belanda menjadi curiga dan akhirnya mengasingkannya ke Sumedang pada tanggal 11 Desember 1905

Cut Nyak Dien akhirnya wafat dipengasingan sebagai pejuang wanita berhati baja dan ibu bagi rakyat Aceh. Pemerintah RI menganugerahi gelar pahlawan kemerdekaan nasional kepada Cut Nyak Dien berdasarkan SK Presiden RI No. 106/1964.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar