Sultan Iskandar Muda

Lahir : Banda Aceh, 1593

Wafat : Banda Aceh, 27 September 1636

Makam : Banda Aceh

SULTAN ISKANDAR MUDA memerintah Kerajaan Aceh tahun 1607-1636. Sebelum menjadi Sultan di Aceh, ia bernama Johan Perkasa Alam. Di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda, Aceh mencapai puncak kejayaannya sebagai kerajaan besar di Nusantara. Wilayah kekuasaannya ketika itu hingga mencapai Malaysia, Sumatera Barat, Sumatera Timur, dan Semenanjung Melayu. Aceh juga menjadi pusat peradaban kebudayaan Islam, di samping juga sebagai pusat perniagaan dan mendapat sebutan Serambi Makkah hingga kinii.

Portugis yang telah menguasai Malaka sejak tahun 1511, tidak pernah mampu menguasai Aceh. Tahun 1615, Iskandar Muda melakukan penyerangan ke Malaka. Namun upaya ini dapat digagalkan oleh Portugis. Tahun 1629, Iskandar Muda kembali menyerang Portugis di Malaka. Kali itu hampir saja Malaka dapat dikuasai jika Portugis tidak mendapat bantuan dari Kerajaan Johor, Pahang, dan Patani.

Sultan Iskandar Muda wafat pada usia 43 tahun. Namun hingga akhir hayatnya, ia berhasil membawa Aceh ke puncak kejayaan dan kemakmuran. Sultan Iskandar Muda dianugerahi gelar pahlawan nasional berdasarkan SK Presiden RI No. 077/TK/1993.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar